Sabtu, 29 Mei 2010

Social Network Pilihan Saya

Untuk para pengguna internet bisa dipastikan mereka memiliki akun di salah satu atau beberapa Social Network. Berbagai situs Jejaring Sosial kini menawarkan keunggulan dan pelayanan untuk menarik minat pengguna. Apa alasan Sahabat memilih sebuah Jejaring Sosial dan menjadikannya sebagai favorite selama ini? Apa hanya karena nama yang terkenal dan banyak orang menggunakannya? Sah-sah saja beralasan seperti itu. Tetapi bagi saya pribadi, saya coba memilih yang bisa memberikan nilai lebih. Lalu muncul pertanyaan, memilih mana Blog atau Jejaring Sosial? Saya rasa keduanya saling mendukung. Kita semua tahu, kita bisa update Blog ke berbagai situs pertemanan dan itu bisa kita manfaatkan untuk mempublikasikan isi Blog kepada teman-teman kita.

Selama ini saya cuma punya dua akun Jejaring Sosial, yaitu Twitter dan Facebook dan yang lainnya belum pernah mencoba bukan karena tidak tertarik sama sekali tapi mungkin karena belum sempat Saja. Ditambah lagi saya cuma berinternet via handphone yang memiliki banyak keterbatasan. Hmmm....ternyata tak bisa dipungkiri, saya pun memilih kedua situs tersebut karena punya nama he..he..tapi saya rasa bukan cuma karena itu. Lalu, apa sih menariknya kedua situs tersebut?

Twitter
Walaupun menurut saya bukan sebuah situs pertemanan, kenapa demikian? Kita semua tahu di Twitter ada following/mengikuti dan follower/pengikut. Seseorang yang di follow tidak ada keharusan follow balik dan yang memfollow bisa membaca tweet atau update yang di follow. Bahkan akun-akun Twitter ternama hanya mengikuti beberapa aku tapi dia diikuti oleh ribuan akun. Jadi itulah alasan saya mengatakan Twitter bukan situs pertemanan karena di Twitter, mengikuti belum tentu diikuti. Lalu, apa yang saya dapatkan dari sana? Begini sahabat, di Twitter kita bisa mengikuti berbagai penyedia informasi dan keilmuan yang ternama dan terpercaya. Setiap kali kita membuka Twitter maka kita akan membaca tweet mereka dan otomatis kita bisa uptodate dengan informasi dan ini bisa kita jadikan ide untuk posting di Blog juga. Nah, kita takkan kehabisan ide kan? Contohnya kemarin waktu saya sedang berada di Tasikmalaya waktu itu ada gempa walaupun kecil tapi membuat orang kaget karena mungkin trauma dengan kejadian gempa terdahulu, beberapa menit setelahnya saya buka Twitter dan langsung mendapatkan informasi kekuatan, waktu dan tempat gempa tersebut dari BMG. Dan bukan cuma informasi yang bisa kita dapatkan, untuk menambah keilmuan kita tentang agama pun bisa melalui Twitter yaitu dengan mengikuti situs-situs dakwah.

Facebook
Kalau ini jelas situs pertemanan. Disini saya bisa bersilaturrahim dan bertemu dengan teman lama. Situs ini juga bisa kita manfaatkan untuk menayangkan atau menawarkan artikel dari blog kita dengan mengirim linknya ke sana. Walaupun harus lebih berhati-hati menggunakan Facebook! Tapi Sebetulnya bukan cuma Facebook, dalam berinternet kita memang harus berhati-hati. Konon, katanya pemilik situs ini orang Yahudi....memang kenapa?....Toh kita cuma bermu'amalah. Bagaimana kalau mereka mau memanfa'atkan kita?...kita manfa'atkan lagi saja mereka dan Facebook-nya kita manfa'atkan buat kebaikan...halow!!!..betul tidak?

Tapi sahabat, ini kan cuma opini saya yang hanya mengandalkan ra'yu (logika, akal pikiran), bisa benar dan kemungkinan besar salah. Jadi sahabat, bagaimana menurut Anda-anda sekalian? Tentunya sahabat memiliki pandangan yang berbeda bukan?
Semoga artikel Social Network Pilihan Saya bermanfaat bagi Anda.

narno mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 00.08  

kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk kebaikan

Gus Ikhwan mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 01.54  

kalau saya sendiri sih lebih suka dengan twitter dan sudah lama meninggalkan fb dan lebih intes ke blogging

udienroy mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 03.02  

Betul itu :D

Dika mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 03.36  

yah, saya ingat peribahasa lama kalo tentang jejaring sosial ini mas, "Facebuk" menjaukan yang dekat, mendekatkan yang jauh"...seringkali kita nyuekin lawan bicara kita demi status FB melalui BB atau Hp kita, hanya untuk melayani percakapan komentar teman yang berada jauh secara fisik dari kita...menyebalkan sekali itu kan mas
.-= Dika´s last blog ..Beginning Over Engineer =-.

Blogger-ndeso mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 05.54  

Mantap...Salam kenal...Gimana upload file phpnya mas kalau cuma pakai hp?

Blogger-ndeso mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 05.55  

Nyoba wp rada bingung mas. Aku pakai n70

Blogger-ndeso mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 05.57  

Salam kenal bang

Afif Logicprobe10 mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 09.43  

ntah kenapa twitter kurang mengena di hati saya :)
Salam kenal, kunjungan perdana.
.-= Afif Logicprobe10´s last blog ..Mengenal PLC =-.

BENY KADIR mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 10.08  

bagi saya blog dan situs jejaring sosial merupakan media komunikasì.
bila membawa kebaikan,saya tdk peduli dg pemilik situs yg kita pakai.

dedekusn mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 14.44  

Sayah mah paling FB kang, twitter%2

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.11  

FB sementara ditutup, sedang tak menerima tamu ya? he..he..
Betul betul betul apa yang dikatakan Kak Rose, aeh..Lia maksudnya.

Udin Hamd | Blogger 2 Inchi mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.13  

Saya malahan asyik d twitter. .gak tahu juga kenapa. .facebook jarang update status. .paling2 kalo ada artikel baru di blog sy share ke pesbuk

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.15  

Begitu ya Gus? ya, buat Blogger senior kayak Gus Ikhwan, Twitter punya nilai plus buat nambah fulus he..he..

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.18  

Waduh kalau begitu malah menyia-nyiakan teman lama yang dah jelas. Padahal kan, yang lama bagaikan emas yang baru bagaikan perak.

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.26  

Salam kenal kembali. Wah, hp punya Mas jauh lebih bagus dari hp saya. Dulu awal mengenal blog di BP tp setelah kenal WP saya betah disini, sptnya lebih mudah buat moblog. Ya mas semuanya dilakukan lewat hp, buka cpanel, database, php, mysql, css, html, , semua utak atik via hp. dan memilih hostingpun yang bisa dibuka via hp. gak prnh sy ngeblog via warnet walaupun disini menjamur warnet2.

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.30  

Ya, itu kan cuma pilihan dan selera kita mungkin berbeda. Salam kenal kembali.

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.34  

Betul Mas..Kita telah dikasih fasilitas gratis, so'al mereka dapat keuntungan itu hak mereka. Hata-hati memang perlu tapi terlalu curiga gak usah ya Mas? he..he..

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.42  

Saya pun begitu, update jarang tapi share dari blog sering.

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.44  

Oh begitu Kang? saya juga kalau buka keduanya tak berlama-lama Kang, tapi tiap hari d buka

Nanang mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 15.47  

He..he..ngirit amat komennya?

Masdin mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 17.31  

Kalau saya masih sebatas Facebook bang, belum merambah ke yang lain :D
.-= Masdin´s last blog ..Blogger dan Wartawan =-.

Blogger-ndeso mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 19.30  

Buat promosi blng aku pakai twitter,soalnya langsung link nya otomatis

kang i@n mengatakan... On 31 Mei 2010 pukul 05.48  

FB parantos bosen..
twitter teu ngartos..
mending blog bae saya mah hahaha
.-= kang i@n´s last blog ..Ketika pemuda ingin menikah =-.

kang ian mengatakan... On 31 Mei 2010 pukul 05.49  

dulu pernah jadi FB addict
sekarang pindah jadi blog addict
haaayyahh asal ulah kecanduan ngarokok, miras sama narkoba aja lah selama g melalaikan xixi
haturnuhun kang :D
.-= kang ian´s last blog ..Stress? Naik Tower aja =-.

Nanang mengatakan... On 31 Mei 2010 pukul 14.26  

Tah eta Kang anu perlu digaris bawah, ulah dugi ka melalaikan malah upami tiasa (kedah) nambihan nyaketkeun ka Anjeuna عز و جل

wawansri mengatakan... On 31 Mei 2010 pukul 21.37  

iki artine opo..mas ???
.-= wawansri´s last blog ..Kesalahan Ayat dalam Program Al-Qur’an pada HP =-.

Nanang mengatakan... On 31 Mei 2010 pukul 22.37  

Translasi: Nah..niku Mas, sing mesti digaris bawahi, ampun ngantos ngelalaiake (melalaikan opo yo boso jawinipun?) kedah saget nambihake cedak marang Kang Kuwoso Allah
عز و جل

Nanang mengatakan... On 31 Mei 2010 pukul 22.40  

Ia ya mas? Padahal saya punya akun mig33 tp jarang d buka, selama ini buka cuma via aplikasi hp n belum pernah nyoba buka situs web-nya. Kykny perlu d coba.

sunflo mengatakan... On 2 Juni 2010 pukul 10.12  

twitter dan FB ku udah aq bumihanguskan, nanang..

Nanang mengatakan... On 4 Juni 2010 pukul 02.01  

Namanya pilihan, bebas ya Mbak selagi baik.

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik