Senin, 07 Desember 2009

Membuat Konsep Posting di Ponsel

Memang ada kelebihan tersendiri bagi kita yang blogging via ponsel. Apa sih kelebihannya? Ya...karena ponsel atau orang banyak mengenal dengan sebutan HP, adalah piranti yang sangat kecil jadi bisa kita masukan ke kantong pakaian dan dibawa ke mana-mana. Anggap saja ponsel sama dengan laptop walaupun dari segi kecanggihannya jauh berbeda tapi kesamaannya adalah bisa mobile (bergerak ke mana-mana). Salah satu kelebihan moblogs (mobile blogging) adalah bisa membuka atau ngeblog di setiap tempat asalkan ada signal GPRS, WIFI atau 3G maka blogging pun bisa berjalan. Sambil tiduran di rumah, di sela-sela istirahat dari kerja, di tempat umum bahkan di kendaraan, ngeblog bisa kita lakukan.

Pada posting yang telah lalu saya pernah menulis cara posting panjang dengan ponsel. Maka pada posting kali ini insyaAllah saya ingin berbagi cara membuat konsep di ponsel sebelum di terbitkan di blog. Bagi sahabat para blogger mobile tentu hal ini bukan sesuatu yang asing tapi tidak ada salahnya kalau saya menulisnya.

Yang saya biasa lakukan, sebelum mengunggah ke blog maka saya menyimpanya dulu tulisan itu di ponsel. Ini cara yang saya ketahui:

?Petama, buat tulisan di ponsel. Sama seperti kita mau menulis SMS cuma kita pilih pesan MMS. Kalau pada ponsel Sony Ericsson apabila mau menulis pesan maka akan ada pilihan pesan teks, pesan gambar dan pesan suara. Kita pilih pesan gambar karena disana bisa memuat karakter huruf lebih banyak dan bisa tambah halaman. Apabila halaman pertama jatah karakter telah habis maka bisa kita lanjutkan dengan menambah halaman berikutnya, dan seterusnya. Dengan cara ini juga kita bisa menyisipkan banyak gambar di tengah postingan sebagaimana pernah saya tulis disini!

?Apabila posting telah selesai, langkah selanjutnya adalah menyimpannya di draft atau di pola pesan. Dengan menyimpan tulisan kita bisa mengeditnya kembali kalau-kalau ada kekurangan pada tulisan kita. Kalau sekiranya tulisan telah siap maka kita tinggal menerbitkannya dengan cara mencopy dan mempaste ke tempat posting di dasbor blog anda. Jika tulisan anda lebih dari satu halaman maka saat memposting gunakan Opera Mini mod dan caranya baca disini!.

Catatan: tips ini saya lakukan pada ponsel Sony Ericsson. Pada dasarnya semua merk ponsel sama tapi mungkin ada sedikit perbedaan istilah dan fitur.
Semoga artikel Membuat Konsep Posting di Ponsel bermanfaat bagi Anda.

Aribicara mengatakan... On 7 Desember 2009 pukul 16.51  

Sayangnya aku ga punya HP yg suport utk bs internet :(

Mr.o2n mengatakan... On 7 Desember 2009 pukul 20.59  

Wah info bagus ni buat kaum moblog

Nanang mengatakan... On 8 Desember 2009 pukul 00.18  

@Mr.o2n, Ni posting pindahan dari sana! :-)

Nanang mengatakan... On 8 Desember 2009 pukul 01.17  

@Aribicara, HP murahpun kyny sekarang rata2 suport kok! saya juga cuma pakai hp lama.

dedekusn mengatakan... On 8 Desember 2009 pukul 03.56  

Nice info...
Bermanfaat..
terima kasih

Deka mengatakan... On 8 Desember 2009 pukul 05.35  

Satu alasan kenapa saya jarang menggunakan hp untuk akses Internet apalagi sampai update blog, replay comment, dkk seperjuangan karena Tidak Puas, saya merasa layar hp tidak cukup untuk memuaskan hasrat saya terhadap dunia maya Om. Just My Opinion.

Nanang mengatakan... On 8 Desember 2009 pukul 09.30  

@Deka, Sebetulnya dengan menggunakan perangkat komputer jauh lebih memuaskan. Tapi sayang, saya belum punya perangkat itu. slm kenal:-)

Nanang mengatakan... On 8 Desember 2009 pukul 09.33  

@dedekusn, Terimakasih kembali atas kunjungannya

Ibunya azmi Thorig mengatakan... On 13 Oktober 2010 pukul 17.54  

Ooooh begitu ya...ngerti2. Apa bedanya OP mod dan OP biasa? Punya saya kk nggak ada tulisan modnya, cm OP aja. Segela versi OP bisa dipakai posting kah? (salnya bukan saya yg ngedownload, tp suami) Makasih Pak Nanang...

N@n@ng mengatakan... On 14 Oktober 2010 pukul 20.03  

insyaAllah semua OPMIMN bisa bu

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik