Selasa, 11 Oktober 2011

Mahalkah Biaya Pembuatan Website Pribadi ?



Bismillah

Beragam motivasi seorang blogger dalam membuat sebuah website pribadi atau lebih dikenal dengan nama Web Log ( disingkat menjadi Blog ). Ada yang sekedar untuk menulis unek-unek atau curhat, ada yang mengisi blognya dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan hobby-nya, untuk menunjukkan eksistensi sebuah organisasi, untuk tempat download content dan ada juga yang mendirikan Blog untuk ajang bisnis online. Apa sih Blog itu? Definisi Blog menurut sumber yang saya kutif dari Wikipedia:
Blog merupakan
singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-
tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web
umum. Tulisan-tulisan
ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi
terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini
biasanya dapat diakses oleh semua penggun
internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut
.
Lalu...mahalkah biaya pembuatan dan pemeliharaan Blog? Kalau bicara masalah biaya dan mahal murahnya, tergantung dari penyedia layanan blog itu sendiri. Banyak layanan untuk membuat blog dari mulai yang gratis hingga yang berbayar. Ada dua penyedia layanan blog yang terkenal yaitu Wordpress dan Blogspot dan saya pribadi juga hanya baru mengenal dan menjajal dua platform blog tersebut. Khusus untuk Wordpress, disana ada dua layanana, layanan di Wordpress.com yang merupakan blog gratisan dan Wordpress.org, dimana kita bisa menggunakan domain sendiri, hosting tersendiri atau self hosting dan memiliki banyak kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh WordPress.com. Sahabat bisa membaca artikel ini untuk melihat sedikit ulasan perbedaan WordPress.org dan WordPress.com.

Awalnya Saya hanya mengenal Blog Blogspot pada tahun 2008 di pulau Batam dan waktu itu tidak ada yang mengajari di dunia nyata, hanya belajar dari internet melalui handphone. Tidak lama kemudian saya belajar WordPress hingga mengenal Wordpress self hosting (WordPress.org) dan hingga kini hanya menggunakan WordPress.org. Sebetulnya tidak begitu banyak yang saya kuasai bila dibandingkan dengan teman-teman lainnya apalagi dibanding para Master, cuma sekedarnya saja yang saya pahama tentang blogging. Dari awal, blogging hanya lewat Handphone walaupun setahun yang lalu saya membeli sebuah Komputer (hanya komputer zadul) tapi entak kenapa, saya lebih suka online via HP. Lalu mahalkah biaya pembuatannya? Perlu kita ketahui, untuk Blog self hosting secara garis besar yang diperlukan adalah terdiri dari dua unsur, yaitu domain dan hosting. Domain adalah alamat site yang akan diakses oleh pengunjung misalnya "nanangtea.com" inilah yang dinamakan domain dan bisa kita dapatkan dengan cara gratis atau berbayar dan harga domain pun bervariasi. Untuk pemula dan ingin mencoba saya sarankan menggunakan domain gratis. Pendukung Blog self hosting yang kedua yaitu hosting itu sendiri. Apa itu hosting? Hosting adalah tempat atau server di internet yang gunanya untuk menyimpan semua file blog. Hosting juga bisa kita dapatkan secara gratis dan berbayar. Blog saya awalnya hanya menggunakan layanan gratisan. Bulan juli 2011 saya membeli domain NANANGTEA.COMdan kurang lebih dua minggu yang lalu saya menyewa hosting luar negri dengan harga US $1 per bulan.

Kesimpulannya, mahal dan tidaknya mengelola blog tergantung dari layanan yang kita gunakan. Dan sebetulnya perangkat untuk ngeblog pun tidak harus mahal, Anda cukup memiliki sebuah handphone Java, Symbian atau Android sudah sangat memenuhi syarat untuk memiliki sebuah Blog. Tidak harus menggunakan komputer! Atau harus membeli handset sekelas smartphone, tidak usah! Untuk saat ini handphone seharga lima ratus ribuan sudah bisa diajak ngeblog tetapi saya sarankan jangan menggunakan ponsel-ponsel China, karena setelah saya coba banyak memiliki kendala. Banyak kawan-kawan yang melakukan MoBlog (melakukan aktifitas blogging dari ponsel) dan blognya tidak kalah menarik baik dari segi tampilan, isi ataupun pengunjung.
Nah...bagaimana, Sahabat ada yang tertarik membuat sebuah blog? Semua bisa dipelajari secara pelan-pelan, insyaAllah kalau sudah paham akan terasa mudah walau pun mengelola, mengedit script, menginstall, dan menelusuri cPanel hanya lewat genggaman (baca handphone). Dan perlukah memiliki blog? Semua kembali kepada Sahabat semua...perlu, menjadi sebuah kebutuhan atau bahkan menyita waktu? Semua tergantung niat. Kalau sekiranya blog membawa manfaat dan kebaikan juga merupakan suatu keperluan, silahkan saja!
Semoga artikel Mahalkah Biaya Pembuatan Website Pribadi ? bermanfaat bagi Anda.

mobitricks mengatakan... On 11 Oktober 2011 pukul 13.00  

Saya jg mobile blogging, dr thn 2009-2011 sy melakukan aktifitas blogging hanya dengan handphone SE k310 dan w200 yg saya beli dgn harga 200-an rb. :D

Saya jg belajar dr blogspot, dan november 2010 lalu sy mulai mengenal wordpress self hosting. Awalnya dgn hosting gratis, tp karena merasa krg nyaman akhrnya saya pakai hosting premium walaupun yg murah.. :D

Sbnrnya saya tdk bnyk waktu untuk ngeblog, tp sudah terlanjur hoby jd saya pertahankan.

borneo bungas mengatakan... On 12 Oktober 2011 pukul 03.42  

kunjugan balik dari http://bingka.wordpress.com

Mas sy juga tertarik mau menggunakan domain sendiri sehingga gak ada lg embel2 wordpress ky blog sampeyan. Bisa gak tahap2nya cranya bgmana? Mksh sblmnya dan kalau bisa dbuat dalam satu postingan aja mas.

Nanang Abdullah mengatakan... On 12 Oktober 2011 pukul 11.57  

InsyaAllah, semoga saya sempet mas, sy persiapkan dulu postingnya.

Nanang Abdullah mengatakan... On 12 Oktober 2011 pukul 11.59  

HP atau Kompi cuma alat perintah, yg penting kreatifitas si Blogger itu sendiri, bukanya begitu mas? :D

udienroy mengatakan... On 13 Oktober 2011 pukul 14.00  

dulu pernah juga di blogspot, tapi cuma sebentar

Membuat Blog Self Hosting Gratisan | NanangTea.Com mengatakan... On 14 Oktober 2011 pukul 05.17  

[...] on Mahalkah Biaya Pembuatan Website Pribadi ?Nanang Abdullah on Mahalkah Biaya Pembuatan Website Pribadi ?Nanang Abdullah on Mahalkah Biaya [...]

Dangstars Weblog mengatakan... On 14 Oktober 2011 pukul 14.43  

saya pake paket /tahun aja 2 blog setahun sekitar 900 ribu http://vulkanisir.com dan http://vulkanisir.info

bensdoing mengatakan... On 16 Oktober 2011 pukul 04.18  

ane belum pernah nyoba mobile blogging :-(
dari segi kenyamanan pengetikan kyknya di komputer lebih menjanjikan tentunya :-)

Nanang Abdullah mengatakan... On 16 Oktober 2011 pukul 11.04  

Kalau sudah terbiasa, mengetik lewat HP pun terasa cukup nyaman :)

Nanang Abdullah mengatakan... On 16 Oktober 2011 pukul 11.08  

Lumayan juga ya kang ongkosnya

Dangstars Weblog mengatakan... On 16 Oktober 2011 pukul 18.34  

ya...malah yg info dari tgl 7 dah bandwitch limit nih 1 GB gak cukup

Nanang Abdullah mengatakan... On 16 Oktober 2011 pukul 19.57  

Walah, aya ku rame
pisan blognya kang
dadang

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik