Minggu, 10 Juli 2011

Cara Mudah Mengganti Domain Blog


Sekian lama blog ini terbengkalai dan tak di update dan blogpun sepi pengunjung. Dari dulu memang saya paling tidak bisa mendatangkan trafick dan ilmu SEO pun nol besar. Ditambah lagi, dari pertama membuat blog di WordPress, saya sering ganti-ganti domain gratisan.

Sebetulnya minggu-minggu ini saya sedang tertarik membuat wapsite atau mobile site. Sahabat bisa melihat wapsite baru saya disini dan disini. Kenapa saya sekarang tertarik ke wapsite? Karena sekarang saya lagi malas menulis posting untuk blog.

Oh ia, saya mau berbagi cara mudah mengganti domain blog WordPress.org atau WordPres self hosting. Kalau misalnya sahabat tadinya menggunakan domain gratis dan ingin beralih ke domain berbayar, kita tidak usah install ulang, tinggal setting saja dengan cara berikut:

1. Sebelumnya tentu anda telah memiliki sebuah domain baik itu yang gratis ataupun yang berbayar lalu login ke akun domain anda dan arahkan DNS (Domain Name Server) ke server webhosting kita dan itu tergantung dari webhosting yang anda gunakan. Karena saya memakai Byethost.com maka domain saya DNS-nya disetting seperti ini
ns1.byet.org
ns2.byet.org
ns3.byet.org
ns4.byet.org
ns5.byet.org
2. Setelah DNS diarahkan, tunggu hingga server siap dan biasanya maksimal 48 jam tapi dari pengalaman saya, ketika beberapa kali menambahkan domain ke webhosting cukup menunggu 2 sampai 3 jam pun domain telah siap untuk ditambahkan ke webhosting.
3. Selanjutnya, kita masuk ke cpanel webhosting lalu pilih "Addon Domain" (mungkin beda webhosting beda istilah) tambahkan domain kita yg mau dijadikan sebagai pengganti domain blog lama. Setelah itu kita masuk ke "File Manager" disana akan secara otomatis terbuat sebuah directory. Misalnya domain kita adalah suka-suka.com maka directory yang terbentukpun namanya sama. Hapuslah directory tersebut!
4. Setelah itu kita login dulu ke dasbor blog WordPress. Pilih setting/pengaturan dan pada pengaturan general, di kolom "WordPress Address" dan "Site Address" silahkan diganti dengan URL domain yang baru.
5. Tahap terakhir, login lagi ke Cpanel webhosting kita, masuk ke file manager lalu ganti nama directory lama dengan nama yang baru sesuai domain kita. Misalnya domain baru kita alamatnya suka-suka.com maka nama directrory untuk blog kita pun harus diganti menjadi suka-suka.com.

Itulah cara yang saya dapatkan dan yang saya praktekkan ketika saat ganti domain.
Semoga artikel Cara Mudah Mengganti Domain Blog bermanfaat bagi Anda.

mobitricks mengatakan... On 11 Juli 2011 pukul 10.06  

Mantap mas, udah pke domain sndiri nih...

N@n@ng mengatakan... On 12 Juli 2011 pukul 01.20  

Lah wong baru sekarang kesapeannya mas, tak coba ke TKP mas, mo liat lapake

Zippy mengatakan... On 12 Juli 2011 pukul 20.02  

Mengganti domain blog itu memang mudah.
Mungkin untuk yang baru pertama kali bingung itu sudah pasti.
Tapi lama2 ntar udah terbiasa :D
Makasih mas untuk tipsnya :)

obat alami kolesterol mengatakan... On 13 Juli 2011 pukul 03.12  

baru tau nih aku....thx infonya

mobitricks mengatakan... On 13 Juli 2011 pukul 13.21  

Oh ya, sbnrnya pke parked domain lbh mudah, cz gak semua hosting systemnya sama.
Mas, smsnya sy bls di shoutbox, lg gak da pulsa nih.. :D

iam mengatakan... On 13 Juli 2011 pukul 16.36  

Karena udah sering2 obrak-abrik cpanel, domain dll. Jadi saya udah lumayan fasih, hehe :p
#sombongabis

Nanang Abdullah mengatakan... On 13 Juli 2011 pukul 19.34  

ya, kemungkinan cara diatas tidak support di tepat hosting lain. Ia mas, makasih banyak.

Aneka Berita mengatakan... On 19 Juli 2011 pukul 03.58  

Kalawo nomer 1 nggak dikerjaken bisa nggak ya mas?

Nanang Abdullah mengatakan... On 20 Juli 2011 pukul 01.30  

Wah, pak guru ini...kalau njenengan mah lebih pengalaman dan lebih faham masalah ginian hehe...dadi yo jawabane ngerti dhewe

cipto mengatakan... On 20 Juli 2011 pukul 20.23  

domain dot com kesannya lebih professional

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik