Minggu, 18 Desember 2011

Mengenal Teknologi 4G


Bagi sebagian besar pengguna layanan selular, teknologi 3,5G masih menjadi tren untuk saat ini. Namun tahukah Sahabat? Untuk masa mendatang (di beberapa negara mungkin telah tersedia) telah disiapkan teknologi lanjutan yakni teknologi 4G atau generasi keempat dan merupakan pengembangan dari 3G. Menurut kabar yang saya baca, sebetulnya penemu teknologi 4G dan sekaligus pemilik hak patennya adalah asli orang Indonesia bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar yang dipekerjakan di negara Jepang.

Inilah photo beliau

Sebelumnya, High-Speed Downlink Packet Acces (HSDPA) atau disebut juga teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama juga seperti EV-DO yang mengembangkan CDMA2000.

HSDPA adalah sebuah protokol telepon seluler yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (hingga 14,4 MB/detik).

Salah satu ciri khas teknolog 4G Adalah seluruh jaringan sudah berbasis IP. Teknologi yang dikembangkan menggunakan teknologi telepon internet dan menggunakan Session Internet Protocol (SIP). Hal ini dapat dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dikonversikan dan menghasilkan kecepatan 100 MB/detik dan 1 GB/detik baik didalam ataupun diluar rungan dengan kualitas premium dan keamanan tinggi.

Setiap perangkat 4G akan langsung memiliki nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Internet Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, EDGE, CDMA, 2G (GPRS), 2,5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang dioperasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4 GHz dan 5-5.8 GHz, bluetooth dan selular.

Wimax (IEEE802.16e) adalah teknologi wireless yang akan sangat menunjang pengguna teknologi 4G ini. Dengan daya cakup yang luas, Wimax memungkinkan perangkat dibawa dalam keadaan bergerak dengan kecepatan 150-200 km/jam sementara transfer data hingga kecepatan 54 Mbps. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Acces) merupakan teknologi 4G pertama yang diimplementasikan di Indonesia pada bulan Juni 2010 oleh operator Firstmedia dengan merek dagang Sitra WiMAX.

Sumber: Tabloid PULSA
Semoga artikel Mengenal Teknologi 4G bermanfaat bagi Anda.

mobitricks mengatakan... On 19 Desember 2011 pukul 05.49  

Waduh, saya blm sempat punya perangkat berteknologi 3G, udah mau ada yg baru lagi nih... :D

Nanang Abdullah mengatakan... On 20 Desember 2011 pukul 05.00  

PO nya buat beli perangat dong mas! Kan njenengan sering dapat dolar :)

Beny Kadir mengatakan... On 22 Desember 2011 pukul 04.27  

Hebatnya orang indonesia

Nanang Abdullah mengatakan... On 22 Desember 2011 pukul 13.44  

Kita merasa bangga mas, sayangnya yang mendanai negara lain (Jepang), begitulah dari kabar yang saya baca.

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik