Minggu, 18 April 2010

Menginstal Sebuah Blog Baru

Beberapa hari ini saya tengah menggarap Blog ini dan alhamdulillah sudah selesai. Sebelumnya Blog yang berdomain http://nanang.co.cc rusak, entah kenapa tidak bisa diakses lagi untungnya semua posting saya backup di blog yang ini. Terpaksa saya menginstal lagi sebuah blog walaupun masing menggunakan hosting gratisan dan memakai subdomain yang disediakan ditempat hosting. Kalau sebelumnya menggunakan domain Co.Cc yang masa berlakunya cuma setahun, Dan kini saya gunakan subdomain dengan alamat nanang.totalh.com yang kabarnya tidak ada masa expire paling-paling Blognya yang akan digusur sewaktu-waktu oleh pemilik hosting.

Selesai menginstal dan melengkapi aksesoris Blog?walalaupun belum lengkap?Saya blogwalking dan mampir di blognya Mas Irfan Satriani alias AspirasiPutih dan disana Saya tertarik dengan sebuah posting cara membuat widget tukar link otomatis dengan menggunakan PHP dan mySQL walaupun keduanya Saya baru mengenal dan ngeblog hanya mengandalkan sebuah HP lama tetapi hati ini tertarik sekali ingin membuatnya. Tiga hari widget itu terpasang tetapi tidak berfungsi karena tidak terkoneksi dengan database. Saya bolak-balik ke database yang terletak di Cpanel hosting lalu saya buka-buka database dan bolak balik bertanya ke Mas Irfan. Hampir-hampir Saya lepas kembali widget tersebut karena kepala sudah pusing tidak tahu dimana letak kesalahannya. Pas hari ketiga kalau enggak salah, Saya teringat pesan Mas Irfan bahwa kemungkinan ada kode yang salah. Saya coba amati sekali lagi dan ternyata kesalahannya adalah, Saya mencopy Scriptnya menggunakan Opera Mini 3 mod dan itu membuat tag pada script tidak beraturan lalu saya coba mendownload scriptnya yang berekstensi ZIP lalu Saya ekstrak dengan PowerGrasp dan mencopy scriptnya dengan MobyExplorer setelah itu pasang ulang scriptnya dan Saya tes, alhamdulillah ternyata widgetnya berfungsi. Sahabat bisa lihat hasilnya di sidebar diatas widget statistik. Kalau Anda tertarik juga ingin memasangnya caranya bisa dibaca di blognya Mas Irfan pada halaman ini tetapi tentunya blog Wordpress Anda harus yang Wordpress.Org atau yang berhosting sendiri.
Semoga artikel Menginstal Sebuah Blog Baru bermanfaat bagi Anda.

Tweets that mention Menginstal Sebuah Blog Baru | Blognya Nanang -- Topsy.com mengatakan... On 18 April 2010 pukul 22.00  

[...] This post was mentioned on Twitter by Nanang Abdullah, Nanang Abdullah. Nanang Abdullah said: Menginstal Sebuah Blog Baru: http://bit.ly/9LJqrm [...]

Mr.o2n mengatakan... On 18 April 2010 pukul 22.18  

Mungkin dari host di 0fees kaya gtu,soalnya blog udienroy.com perna rusak dan blog aq yg o3n.co.cc juga rusak di dashboardya.
Bah pantesan php tkr link otomatis yg aq pasang di blog o3n.co.cc kaga bekerja ternyata penyebabnya itu aq copy pake opmod :( .
Thanks uda share pengalamanya.

moblogger.co.cc mengatakan... On 18 April 2010 pukul 22.29  

saya jg pasang widget blogroll otomatisnya mas irfan tp 100 % menggunakan opera mini modif. Tentu sj sgt sulit luar biasa. Dan widgetnya dpt bekerja, tp syg templatenya skrg lg error jd kaga kliatan tuh widget

Nanang mengatakan... On 19 April 2010 pukul 02.38  

@Mr.o2n» Ia kali mas, hosting disana error namanya jg gratis he..he.. Sampeyan asyik maen twitter trs ya? punya saya baru dpt $1.300 dikit bgt, bagi2 dong triknya

@Moblogger.co.cc» Pakai Opmin mod-nya yang v.3 apa yang v.4 mas? kok bisa ya?

bidansmart mengatakan... On 19 April 2010 pukul 03.41  

wah....lom pengalaman nie saya..kenapa sebuah blog rusak n gak bisa di akses...btw..mantap juga back up datanya...alhamdulillah masih komplit ya...

Nanang mengatakan... On 19 April 2010 pukul 04.03  

Tapi kalau untuk WP.Com insyaALLAH aman kok bu! Punya saya yang rusak yang pakai self hosting.

sunflo mengatakan... On 19 April 2010 pukul 05.18  

wah... rombak rumah yaa... mantabbzz dech.. semoga lancar dan sukses mengelola rumah ini ya de'... barakallaahu fiik
.-= sunflo´s last blog ..Blekutak … Oh … Blekutak =-.

rose mengatakan... On 19 April 2010 pukul 05.19  

termasuk rose tadi nyuba tuk tukeran link ma nanang ... ^^ berhasil euy... selamat atas rumah barunya ini yaaa.. semoga lancar dan sukses... ^^
.-= rose´s last blog ..Tangisan Terakhir =-.

nouf mengatakan... On 19 April 2010 pukul 05.20  

kasih komennya juga lancar... langsung nongol di atas tuuh... seneng aq Nang.. semoga sukses ajah dech... ^^
.-= nouf´s last blog ..Bintang Itu Selalu Tersenyum =-.

elmoudy mengatakan... On 19 April 2010 pukul 06.48  

memang asyik ya bro, kalau bisa bikin blog sendiri..
rasanya gampang.. dan banyak pilihan untuk mendesain tampilan blog itu.. rasanya lebih mewakili kemauan hati. jadi lebih plong aj
.-= elmoudy´s last blog ..Mbah Priuk =-.

Nanang mengatakan... On 19 April 2010 pukul 12.45  

@sunflo» Terimakasih Mbak, waiyyakum

@ros» terimakasih ucapan dan tukar linknya

@elmoudy» bener banget, dengan self hosting bisa lebih puas walaupun masih pakai domain dan hosting gratisan tp bisa buat belajar pake self hosting.

mbah jiwo mengatakan... On 19 April 2010 pukul 17.23  

mudah2an yg ini sehat walafiat selalu...
.-= mbah jiwo´s last blog ..Mimpi Bertemu Muslim Palestina =-.

asepsaiba mengatakan... On 19 April 2010 pukul 19.16  

Jadi bisa backup ke blog yang subdomain juga ya.. Kayak mirroring gitu ya.. Saya juga ada rencama ngebangun blog berbayar nih..

salam kenal..
.-= asepsaiba´s last blog ..Menginjak Usia Dua =-.

antok mengatakan... On 19 April 2010 pukul 19.46  

dan moga ajah tidak eror lagi kedepanya
smoga rumahnya sehat selallu hehhe
:D
.-= antok´s last blog ..foto Laut Kering akibat pemanasan global | laut aral, mati =-.

darahbiroe mengatakan... On 19 April 2010 pukul 19.46  

wah saya gak bias commeng banyak ttg ini
soalnya belum pernah nyobain juga hhehe
makasih dah share
:D
.-= darahbiroe´s last blog ..foto Laut Kering akibat pemanasan global | laut aral, mati =-.

udienroy mengatakan... On 19 April 2010 pukul 21.02  

Wah makin keren ja nih hehe.. Terus lah semangat jangan putus di jalan hehe

Mariska Ayu mengatakan... On 19 April 2010 pukul 21.11  

Ini domainnya gratis ya kak?
Lalu hosting gratisnya di mana kak?

TKB mengatakan... On 19 April 2010 pukul 21.14  

Saya kok jadi pengin mas. Tengs infonya ya, langsung budhal :lol:

Den Hanafi mengatakan... On 19 April 2010 pukul 23.24  

saya jadi ingin mencoba juga nih. :)

oh y, sudah saya link balik bang. terima kasih sudah memasang nama saya disini. :mrgreen:
.-= Den Hanafi´s last blog ..Mengajarkan kesederhanaan kepada anak kecil =-.

Meliana Aryuni mengatakan... On 20 April 2010 pukul 01.00  

Pak, sy punya web tp nggak ngerti ngapa2innya.Coba Bpk liat trus sy mohon masukannya....
www.octane-cetrol.com
.-= Meliana Aryuni´s last blog ..Pameran Petik Sukses! =-.

bayuputra mengatakan... On 20 April 2010 pukul 01.10  

wah semoga blognya baik2 saja ...
dan salam kenal dari Bayu di Kalimantan Tengah ...

Nanang mengatakan... On 20 April 2010 pukul 02.19  

@Mbah Jiwo» Amin, terima kasih mbah sudah dikunjungi oleh kasepuhan

@asepsaiba» Backupnya manual sih Kang, tiap saya posting saya repost juga di blog yang buat backup. Ini saya pakai selfhosting yang gratisan, cuma buat belajar tapi lebih bagus yang berbayar, murah ini kok Kang pertahunnya cuma saya belum niat.

@darahbiroe» Coba aja mas, pakai yang gratisan dulu..kan ada :-)

@udienroy» Terimakasih, amin..amin

@Mariska Ayu» Saya pakai hosting gratis di 0fees.net De..disama juga menyediakan subdomain jadi tinggal langsung instal tidak usah mencari domain gratis ditempat lain.

@TKB» Blogroll otomatisnya maksudnya? Silahkan dicoba Pak Guru, saya juga kemaren tertarik bgt.

@Den Hanafi» Silahkan dicoba, justru saya yang harus berterimakasih dengan tukar linknya.

@Meliana Aryuni» InsyaAllah nanti saya lihat ya Bu, saya juga masih awam soal website

@bayuputra» Amin, sebetulnya kita sudah saling berkunjung dgn blog saya yang lama. Slm kenal kembali

Ifan Jayadi mengatakan... On 20 April 2010 pukul 02.22  

Kayanya aku perlu banyak belajar lagi deh tentang teknologi.

Aspirasiputih mengatakan... On 20 April 2010 pukul 03.35  

Hehe..Klo lewat hp, untuk coding saya lebih pke operamini modif ^^ soalnya klo lewat mobyexplorer stiap d save dia akan file baru berextensi BAK. Nanang thanks untuk linknya nang. sukses & sehat slalu

Dika mengatakan... On 20 April 2010 pukul 04.32  

Saya suka domainnya mas, keren euy...Eh, koq harga sewa hosting ndak di tampilkan sekalian, lumayan kan bisa nambah2 info buat kita yang mau bikin personal web, tanpa perlu pake CMS gratisan lagi... :)
.-= Dika´s last blog ..Flashback =-.

Nanang mengatakan... On 20 April 2010 pukul 04.59  

@Irfan Jayadi» Saya juga masih belajar Mas, masih banyak yang belum saya ketahui.

@Aspirasiputih» Oh gitu ya? tapi sy cuma buat ngambil script aja. kalau buat nyimpan sebuah file emang kalau tidak diganti nama, yang asli menjadi BAK tapi saya biasanya tulisan BAK nya dihapus tapi harus lewat app menghapusnya dan akan kembali ke ekstensi semula. Makasih kembali Fan.

@Dika» Saya pakai subdomain gratisan. Karena buat belajar, jadi kalau masih ada yang gratis, ya pakai yang gratis aja:-)

arsumba mengatakan... On 20 April 2010 pukul 07.02  

wah.. keliatannya jadi lebih simple nih mas.. cara tulink nya..
btw, saya salut mas sama sampean, hanya dengan hape bisa utak-atik sembarang kalir.. hmm... sayang hapeku sudah tak berfungsi lagi..
.-= arsumba´s last blog ..Resiko Ternak Blog =-.

Nanang mengatakan... On 20 April 2010 pukul 11.47  

@Arsumba» Betul Mas jadi lebih simpel. Karena yang saya punya cuma hp mas itupun hp lama kalau gak salah keluaran 2006. Ke warnet meskipun dekat tapi malas. Ada sih niat pengin beli kompi apalagi istri sekarang lagi kursus komputer tapi dananya masih gak kebagian, buat jajan anak he..he..

Moblogger United mengatakan... On 22 April 2010 pukul 11.12  

pake v.3.10 . Tapi templatenya skrg error, jd kucopot aja widget ini. Pgn ganti template tp msh males nih :-D

Moblogger United mengatakan... On 22 April 2010 pukul 11.23  

pake v.3.10 . Tapi templatenya skrg error, jd kucopot aja widget ini. Pgn ganti template tp msh males nih :-D
BTW, slh satu kelemahan domain dalam zoka, 0fees dsb gak mdh terindeks google. Dulu sy prnh pki isgreat.org n coba buka di warnet (speedy), tp gak bs dibuka (diblokir?)! kmd sy bs membukanya via forwarding co.cc. Tp blognya kini bernasib naas.

delia mengatakan... On 22 April 2010 pukul 18.54  

Sukses dengan blog barunya pak nanang :)
.-= delia´s last blog ..Mencoba Sekarang =-.

ian abuhanzhalah mengatakan... On 14 Mei 2010 pukul 05.39  

keren..tapi saya masih suka yang gratisan ni mas :D

ian abuhanzhalah mengatakan... On 14 Mei 2010 pukul 13.44  

tapi blog ini keren uy.. ^^
.-= ian abuhanzhalah´s last blog ..Pengen jadi Cowok Keren? Part 1 =-.

Nanang mengatakan... On 14 Mei 2010 pukul 17.15  

Kalau kang Ian mau coba buat iseng, bisa daftar disini! Disana disediakan subdomain jd semuanya gratis

Asop mengatakan... On 15 Mei 2010 pukul 16.29  

Nah kan, saya udah tahu dari dulu kalo domain co.cc itu payah... :D
.-= Asop´s last blog ..Dialog Bodoh #2 =-.

d12ks mengatakan... On 16 Mei 2010 pukul 06.34  

Pak nanang...help me...sudikah kiranya pak nanang kirim script & tutorialnya untuk membuat comment seperti ini ke emailku,demi kemajuan anak didik ku di SMK pinggirin pak....TQ

Nanang mengatakan... On 16 Mei 2010 pukul 07.10  

InsyaAllah Pak, tapi ini cuma pakai plugin.

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik