Kamis, 25 Maret 2010

Posting Panjang Via Ponsel di Wordpress [v.1]


Seperti kita ketahui untuk ponsel-ponsel standar seperti yaog saya miliki, quota huruf untuk menulis hanya dijatah sampai 2475 karakter. Lalu bagaimana kalau kita ingin posting yang panjang? Dulu saya pernah menulis di blog yang ini dalam tulisan "Dengan Ponselpun Posting Bisa Panjang" dengan bantuan Opera Mini mod. V.3.1.0. Tapi itu hanya berlaku untuk blog di Blogger. Lalu bagaimana dengan Wordpress? Setelah saya coba berkali-kali dengan Opera Mini modif v.3.1.0 ternyata tidak bisa untuk login ke dasbor WordPress. Padahal untuk membuat postingan bisa panjang Opera Mini mod-lah yang bisa melakukan. Setelah saya mencari solusi dan alternatif akhirnya menemukan juga caranya yaitu dengan menggunakan bantuan blog di Blogspot atau Blogger

Ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buat sebuah blog di Blogger atau yang sudah punya akun tinggal menambah satu blog. dan tidak usah di publikasikan dengan cara mengaturnya di pengaturan. Kenapa tidak dipublikasikan? Karena kemungkinan isinya tidak berhubungan dengan blog tersebut dan kalau kebetulan ada pengunjung akan membuat ia bingung. Blog ini hanya untuk menyimpan tulisan untuk dipindah ke Wordpress.
  • Kalau blog di Blogger sudah tersedia, Buat posting di blog tersebut dengan menggunakan Opera Mini V.3 mod. dan yang belum punya download disini! Caranya postingnya bisa Anda baca ditulisan ini. Buat postingan dalam format WordPress umpamanya untuk kode "ReadMore" buat atau pasanglah kode untuk WordPress lalu terbitkan.
  • Setelah posting di Blogspot selesai, kini giliran masuk ke dasbor Wordpress.com dengan menggunakan browser Opera Mini 4.2, Opera Mini 5 atau Browser lain yang bisa dipergunakan untuk login ke dasbor Wordpress.
  • Selelah berada di dasbor Wordpress anda, pilih menu "Perkakas" dan pada submenu pilih "Impor" Lalu pilih "Blogger" dan untuk pertama kali mengimpor biasanya akan diminta verifikasi dan anda harus login ke Blooger untuk memberi kuasa pada blog anda, ikuti saja arahan selanjutnya.
  • dan pada tahap akhir, di dasbor WordPress pada menu impor tadi akan muncul daftar blog anda pada akun Blogger. Pilih blog yang mau di impor dengan menekan Button link bertuliskan "Impor" maka setelah itu tulisan tadi akan berpindah ke wordPress.


Lakukan cara ini setiap kali ingin membuat tulisan panjang via ponsel. Perlu diingat! Gunakan blog khusus di Blogger hanya untuk memuat tulisan untuk blog WordPress anda dan pada setiap kali anda mengimpor maka yang terkirim hanya tulisan yang belum termuat sebelumnya jadi jangan khawatir, karena WordPress akan mendeteksi postingan yang sama untuk menghindari duplikasi tulisan dan pada setiap kali akan mengimpor klik Button "Reset Importer" dan setelah itu klik Impor. Cara ini hanya berlaku untuk WordPress.com dan tidak berlaku untuk Wordpress.org. Anda yang belum faham perbedaan WordPress.com dan WordPress.org bisa dibaca disini!.
Semoga pemaparan saya bermanfaat bagi anda para Moblogger atau Blogger mobile. InsyaAllah pada posting berikutnya saya akan menulis cara posting panjang di wordPress versi 2 dan ini bisa berlaku juga untuk WordPress.org.
Semoga artikel Posting Panjang Via Ponsel di Wordpress [v.1] bermanfaat bagi Anda.

nurhayadi mengatakan... On 25 Maret 2010 pukul 07.15  

infonya boleh juga nih, saya punyanya di rumah juga hanya Hp.

Nur Ali Muchtar mengatakan... On 25 Maret 2010 pukul 17.44  

wah, gan, hape ane hape jadul banget. internetan aja gak bisa. saat ini, emang ane masih selalu ngandelin kompi aja. pengin rasanya menjajal internet lewat HP langsung. oh seandainya punya blackbarry. hikz hikz hikz :cry:

Usup Supriyadi mengatakan... On 25 Maret 2010 pukul 19.41  

saya juga :cry:

Nanang Abdullah mengatakan... On 25 Maret 2010 pukul 19.51  

@Nurhayadi» Saya juga cuma punya hp dan itulah satu2nya "laptop" saya

@Nur Ali Muchtar» gak usah BB dulu deh mas, pakai hp biasa juga oke yang penting bisa GPRS apalagi kalau 3G, atau HSDPA. hp saya super jadul tapi bisa dioptimalkan dgn bantuan berbagai aplikasi.

@Usup Supriadi» Apanya yang "saya juga" kang? he..he..

omiyan mengatakan... On 25 Maret 2010 pukul 20.34  

sip sip selama ini saya masih blank hehehe

Nanang Abdullah mengatakan... On 26 Maret 2010 pukul 00.12  

@Omiyan» ini hanya buat teman2 yang sering buat ngeblog via hp was, kalau udah punya perangkat yang lebih mendukung malah gak perlu repot spt ini:-)

@Taufikbersahaja» Alhamdulillah deh mas, ngebognya jauh lebih mudah kalau punya laptop. InsyaAllah selagi sempet akan sering berkunjung.

suzannita mengatakan... On 26 Maret 2010 pukul 03.08  

hohoo.. perlu dicoba nih

muhammad zakariah mengatakan... On 28 Maret 2010 pukul 03.59  

weew.. thanks infonya gan.. boleh dicoba nih.. mumpung ada HP ya dipake aja coba2.. :D

cyberarip | féoth mengatakan... On 30 Maret 2010 pukul 22.21  

saya juga sering sih posting pake hp. tapi yang jadi masalah, saya ga kuat kalau harus ngetik panjang pake hp

Nanang Abdullah mengatakan... On 31 Maret 2010 pukul 02.47  

@Cyberarip» kalau gitu sama, he..he..

BENY KADIR mengatakan... On 31 Maret 2010 pukul 03.55  

Saya tunggu tips utk wordpress.orgnya,Mas.
Biar tulisan agak panjang dan puas.
Pantasa ya,selama ini tdk bisa login di opera modif.
Selalu diperingati passwordnya yg salah.Saya bingung dan tdk pernah pake lagi utk login.

sapta mengatakan... On 1 April 2010 pukul 06.09  

thanks infonya gan.. bagus bgt nih bisa posting pake hp.. :D

kunjungan pertamaxx.. ;)

Posting Panjang Pia Ponsel di Wordpress [V.2] | Blognya Nanang mengatakan... On 10 Mei 2010 pukul 19.52  

[...] kita ingin posting panjang via HP maka kita harus mengetahui trik-trik tertentu. Apalagi untuk HP standar ada keterbatasan karakter [...]

Posting Panjang Via Ponsel di Wordpress [V.3] | Blognya Nanang mengatakan... On 3 Juni 2010 pukul 23.11  

[...] sebelumnya saya menulis posting panjan via HP v.1 dan posting panjang via HP v.2, maka kini saya kembali menulis posting panjang via HP v.3. Ketiga [...]

soemizznow mengatakan... On 16 Juni 2010 pukul 18.37  

jaka sembung belanja emas"masih blm nyambung q mas"

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik