Selasa, 22 Desember 2009

Mana Yang Cocok Untuk Moblogs ?

Dulu saya sempat bingung untuk memilih mana yang lebih cocok buat blog mobile. Memang segala sesuatu tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Pada awal mengenal ngeblog saya hanya menggunakan layanan dari Blogger atau Blogspot karena saya anggap lebih mudah dan lebih mendukung untuk mobile blogging. Anggapan itu muncul karena sa'at pertama membuat blog di Wordpress banyak hal yang tidak bisa saya lakukan.

Kini anggapan itu ternyata tidak tepat setelah sedikit lebih tahu ngeblog di Wordpress.Org ternyata lebih mendukung moblog dan lebih memberi kemudahan.

Kelebihan-kelebihan Wordpress yang memudahkan para blogger mobile antara lain:


  • Wordpress ada tampilan mobile. Ketika kita membuka blog di Wordpress via ponsel_khususnya Wordpress.Com _maka secara otomatis halaman akan muncul dengan tampilan mobile. Hal ini tentunya akan menghemat pemakaian data. Itu berarti berpengaruh pada pemakaian pulsa.

  • Untuk Wordpress yang menggunakan domain dan hosting sendiri (Wordpress.Org) walaupun dengan hosting dan domain gratisan itu Lebih memberi kemudahan bagi blogger mobile karena dalam mengelola blog lebih mudah dengan bantuan banyak plugin. Contohnya di saat mengganti template tidak perlu melakukan download dan upload tapi cukup memasukkan URL template itu sendiri asalkan kita sudah memasang plugin WP Easy Uploader. Begitupun ketika kita ingin menambah plugin.

  • Disaat melakukan blogwalking, untuk ponsel yang mempunyai RAM memory yang terbatas tidak akan terlalu membuat ponsel "darah tingi" karena itu tadi, WP ada tampilan mobile-nya.

  • Ketika kita ingin mengganti-ganti template tidak berpengaruh pada widget yang kita pasang. Tidak seperti di Blogger, semua widget akan hilang apabila kita mengganti template dan kalau tidak ingin kehilangan maka kita harus mem-backup-nya satu per satu dengan cara menyimpan kodenya.



Dan masih banyak lagi tentunya.
Sebetulnya dalam hal pelayanan antara Wordpress dan Blogger ada kelebihan masing-masing. Saya menggunakan Wordpress karena blogging hanya mengandalkan ponsel dan tentunya mencari alternatif yang bisa membuat hemat ongkos. Sahabat ada tambahan atau saran? Silahkan beri komentar!
Semoga artikel Mana Yang Cocok Untuk Moblogs ? bermanfaat bagi Anda.

Desri Susilawani mengatakan... On 23 Desember 2009 pukul 04.18  

masih menggunakan kompi rumahan yang dah jadul...hehehe...dan belom pernah nyoba pake hape untuk BW

Pejuang mengatakan... On 23 Desember 2009 pukul 05.40  

Pengen juga pake wp tapi gak pengen mendua dulu. Moga aja blogger.com memperbarui kecanggihannya :D

Nanang mengatakan... On 23 Desember 2009 pukul 15.56  

@Pejuang, Sebetulnya kalau untuk yang gratisan, Blogger lbh unggul mas krna mendukung javascript. klw d wp harus pakai hosting sendiri kalau pingin pasang2 JS.

Nanang mengatakan... On 23 Desember 2009 pukul 15.58  

@Desri Susilawani, Do'ain ya teh, moga aja sy punya perangkat yg lebih mendukung.

Nanang mengatakan... On 28 Desember 2009 pukul 05.08  

@Mr.o2n, Ya udh posting disini aja buat tambah2 he..he

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik