Senin, 24 Oktober 2011

Alasan Saya Menjadi Blogger Mobile



Bismillah

Dari awal mengenal blog hingga saat ini, tema blog yang saya tulis tidak jauh dari seputar mobile blogging. Kenapa tidak menulis topik lain? Karena memang toping inilah yang saya sukai dan juga batas keilmuan saya yang memaksa untuk menulis alakadarnya. Lalu, bermanfaatkah tulisan saya? Jawabannya tentu saja Anda sebagai pembaca yang tau. Tetapi ada satu prinsip yang saya pegang, setiap tulisan ada pembacanya masing-masing. Dari zaman saya lahir atau jauh sebelum saya lahir hingga saat ini, buku bacaan anak TK dan SD selalu diperlukan. Biarlah Blog saya diibaratkan buku bacaan anak SD karena toh memiliki konsumen masing-masing.

Selama ini MoBlog masih dipandang sebelah mata dan saya pun memaklumi. Alasan kenapa MoBlogging dipandang sebelah mata, mungkin (ini menurut pemikiran saya) karena MoBlog memiliki banyak keterbatasan. Sang blogger tidak bisa senyaman blogger konvensional, layar monitor terlalu kecil, perangkat mobile punya keterbatasan tidak seperti komputer dll, mungkin itulah alasannya. Tetapi lain dengan apa yang saya pikirkan. Ngeblog dengan komputer itu mudah, tapi ngeblog via ponsel memiliki banyak keunikan dan itulah yang saya sukai. Memang, selama ini saya amati, para MoBlogger kebanyakan para anak-anak remaja, dan (ma'af) anak-anak muda kurang kerjaana, tapi justru dengan hal itu para pemuda bisa belajar, berkreasi dan menambah wawasan IT nya dan saya berharap para MoBlogger muda bisa mengisi dan menuangkan tulisannya dengan hal-hal yang positif. Walaupun begitu, tidak sedikit juga blogger mobile senior yang memiliki wawasan, skil dan latar belakan pendidikan yang memadai (bukan termasuk saya) dan mereka memiliki hoby yang sama dengan saya: jadi blogger mobile.

Saya memang belajar ngeblog hanya otodidak dan dan dipelajari lewat ponsel. Berkali-kali berpindah blog, berganti-ganti judul, bergonta-ganti domain dan hosting gratisan sampai pada akhirna pada bulan Juli kemarin saya memutuskan membeli domain dan tidak lama setelahnya saya juga menyewa hosting premium murah yang sewanya seharga US $1 per bulan. MoBlog memang sudah melekat dihati saya dan telah menjadi suatu kesukaan (mudah-mudahan tidak menjadi hoby yang berlebihan) dan dengan alasan itulah kenapa selama ini saya mengelola blog mulai dari membuat blog, posting, mengambil screnshoot untuk posting dan melakukan segala pengeditan script dilakukan dari ponsel. Blog saya ini mengusung tema Blog Mobile jadi segala riset, pengerjaan dan semua pengelolaannya pun harus dari perangkat mobile. Komputer saya pakai sesekali saja karena saya punya komputer pun cuma PC zadul, boros listrik dan hanya menggunakan modem HP. Do'akan yang teman-teman, semoga saya mampu membeli kompi baru (harapan sih lepi hehe...).
Semoga artikel Alasan Saya Menjadi Blogger Mobile bermanfaat bagi Anda.

Blogger Pemula mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 05.31  

tapi saya salut Kang, karena saya merasa bisa jadi terlalu ketergantungan sama kompi.
Semoga sukses kang.
Salam sukses selalu :)

mobitricks mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 05.39  

sama mas, saya pertama kenal internet saja dr hp. trus belajar wap pd thn 2009, dan mulai aktif ngeblog pada 2010, sampai sekarang semua itu saya lakukan menggunakan hp.

Nanang Abdullah mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 05.43  

Itu mah hak kang yayat, itu cuma pilihan yang berhubungan sama kenyamanan kang :) terimakasih doanya kang :)

Nanang Abdullah mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 05.57  

Saya salut sama njenengan mas, blogger mobile tapi trapic blognya cukup ramai.

Beny Kadir mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 16.16  

Menjadi mobile blogger merupakan pilihan yg menantang karena banyak keterbatasan.
Namun, aktivitas blogging via ponsel punya beberapa kelebihan diantaranya adalah ngeblog pake ponsel tidak dibatasi ruang dan waktu. Maksud saya dapat dikakukan kapan saja dan di mana saja asalkan ponsel terkoneksi dgn internet. Satu hal yg perlu disadari kita bersama adalah sebagian besar pengguna internet di negeri kita masih menggunakan ponsel. Sebagiannya menggunakan ponsel utk aktivitas blogging. Saya rasa, blog tutorial tentang seluk beluk dan trik blogging via ponsel seperti yg dilakukan Mas Nanang masih relevan. Salam Moblog, Mas.
Maaf, terlalu banyak berceloteh di sini.

Hanif Mahaldi mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 17.52  

wah, masih pake laptop nih, lebih enak soalnya layarnya masih luas. hehe.

Vyan RH mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 18.28  

Wah aku ngga nyaman kalo berinternet dari hape.. maklum udah uzur matanya lamur... :D
makasih udah mampir di blogku..

Nanang Abdullah mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 19.15  

Asumsi Mar Ben ternyata tidak jauh dengan apa yang saya pikirkan :)

Nanang Abdullah mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 19.18  

Kalau diibaratkan garap sawah, pakai cangkul apa pakai traktor tentu lebih banyak yang pilih pakai traktor. Cuma orang2 yang gak punya traktor saja yang memilih menggunakan cangkul hehe....

Nanang Abdullah mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 19.23  

Sepertinya pak Vian belum tua2 amat hehehe....

Beny Kadir mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 21.58  

Ketika saya cek di statistik pengunjung blog saya maka didapati sekitar 80% datang dgn menggunakan browser opera mini hp. Beberapa blogger kompi telah menyadarinya dengan mengubah tampilan blog mereka ke mobile version. Malah ada blogger kompi yg telah mencoba dan sukses menulis postingan lewat hp.

widodo mengatakan... On 24 Oktober 2011 pukul 22.57  

waduh,belum sanggup deh kalau harus jadi blogger mobile..
jempol saya gede,mata juga udah tua,nggak sanggup kalau harus melototin layar 2inch,nggak kebayang juga kalau harus mencet keypad dengan kondisi jempol saya yang gede...

viq mengatakan... On 26 Oktober 2011 pukul 21.16  

um, tolong klo boleh saya minta mentahannya plugin mobilepress, soalnya di wp nya dah gak ada.

Rumah-logo mengatakan... On 27 Oktober 2011 pukul 20.34  

memang bener kang nanag, sesuatu klo suka pasti akan terus dilakukan....
saya termsuk hobby blogging jga...

viq mengatakan... On 29 Oktober 2011 pukul 17.11  

trims, om nanang...

blogger ponsel mengatakan... On 29 Oktober 2011 pukul 18.05  

Sama banget sob seperti saya. Dari mulai bikin blog, posting, bikin template saya lakukan via hp,,,
Salam,,,

newbei ngetop.blog tutorial mengatakan... On 29 Oktober 2011 pukul 19.06  

blog versi mobile juga penting menurut saya karena kita bisa update dan bls komentar lewat hp..itu membuat blog kita semakin aktif miskipun kita dalam perjalanan

oyaa link sampean telah saya pasang di http://newbeingetop.wordpress.com/tukaran-link/
thanks dah berkunjung di blog saya..tadi

Ijolumutz mengatakan... On 30 Oktober 2011 pukul 05.44  

Salam kenal gan..
Kalo saya belum siap ngeblog pake kompi, cz gak punya. he"
pake hp juga yang inet + blog gratisan, postingnyapun amburadul, & terkesan ndeso bgt gtu lho.. haha,
kenal blog juga baru kemarin sore..

Ijolumutz mengatakan... On 30 Oktober 2011 pukul 05.46  

Oh ya, kok fb likenya gak bisa diklik gan?

obinhut mengatakan... On 30 Oktober 2011 pukul 23.43  

Ngeblog via hp bisa dilakukan saat kapanpun.. Di sela2 kerja, disaat gak ada kerjaan,.. Dan macam2.

Nanang Abdullah mengatakan... On 31 Oktober 2011 pukul 05.20  

Mungkin dari FB nya,
blog temen2 juga kyk
gitu like-nya gak bsa d
klik

zept mengatakan... On 19 Desember 2011 pukul 18.32  

Awalnya saya pkir dg hp tdk akan bs mmbuat blog yg lumayan. Tpi bktinya beberapa blogger mobile mempunyai blog yg cukup bgus bhkan menurut saya sangat bgus, contohnya blog ini dan blog mobitricks.info , akhrnya saya kembali semangat ngeblog dg ponsel. Menurut saya pun lbh enak ngeblog dg ponsel

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik