Sabtu, 16 Juli 2011

Farsi SMS: Aplikasi Symbian untuk SMS Font Arab


Kurang lebih dua tahun yang lalu, saya pernah memposting trick menulis huruf Arab untuk ponsel Java tetapi saya cari-cari postingnya hilang. Untuk sahabat yang memiliki handphone Symbian tidak usah repot-repot dengan trick tersebut.

Ada sebuah aplikasi dan sebetulnya bukan sebuah aplikasi yang baru. Diantara sahabat mungkin sudah tidak asing lagi. Namanya adalah Farsi SMS. Aplikasi ini memungkinkan kita mengirim SMS dengan huruf Arab. Ini adalah Screenshot ketika saya menulis SMS dengan huruf Arab Dan Latin dari aplikasi tersebut

Kalau sahabat belum memilikinya silahkan download!
Download Farsi SMS
Untuk beberapa handphone Nokia ada masalah coding yang mengakibatkan huruf Arab tidak bisa tampil, hanya berbentuk kotak-kotak (hal ini juga menimpa handphone saya) tetapi ada solusi untuk mengatasinya. Supaya hurup Arab muncul di ponsel kita maka kita harus install dulu FontRounter dan FontRounterMan yang kegunaannya untuk merubah gaya text pada ponsel kita dan support huruf Arab dan symbol. Silahkan install kedua file ini agar aplikasi bisa berjalan
Download FontRounter[1].LT
Download FontRounterMan V.1.06

Coba Sahabat lihat Screenshot ini!

Ini adalah gaya huruf handphone saya yang yang didalamnya terpasang aplikasi Font RounterMan. Cara menggunakan Font RounterMan adalah, simpanlah font TTF pada memori eksternal. Penggunaanya cukup
extract file *.ttf ke drive E: \Data\Fonts\(simpan di sini!). Untuk sementara saya hanya memiliki 4 koleksi TTF, silahkan download pada link dibawah dan simpan.
AdPro.ttp
Hamlet.ttp
Nokia Sans S60.ttp
Nosferatu.ttp
File diatas saya buat kedalam forma zip jadi anda harus mengekstraknya dulu dan dari keempat TTP diatas silahkan gunakan Hamlet.ttp yang support font Arab.
Untuk menjalankannya, buka aplikasi, pilih options

Open font

lakukan pencarian file TTF yang telah kita simpan tadi

Pilih/select salah satu TTF-nya

Setelah itu keluar dari aplikasi, matikan ponsel lalu hidupkan kembali.

Semoga aplikasi diatas bermanfaat dan sempat kan juga untuk mengunjungi wapsite saya di http://mymobinet.tk untuk mencari dan mendownload konten-konten mobile.
Semoga artikel Farsi SMS: Aplikasi Symbian untuk SMS Font Arab bermanfaat bagi Anda.

hemy mengatakan... On 18 Juli 2011 pukul 01.25  

wah,sangat cocok nih, apalagi habis ini ada bulan ramadhan. :D

Nanang Abdullah mengatakan... On 18 Juli 2011 pukul 01.31  

Ya, semoga bermanfaat

panduan belajar blog mengatakan... On 18 Juli 2011 pukul 18.44  

ini kompatibel untuk symbian versi berapa aja bro? :)

Nanang Abdullah mengatakan... On 20 Juli 2011 pukul 01.22  

Ini kopatible untu S60v3 tapi saya belum tau (karena belum coba) untuk Symbian versi selanjutnya

SMS di Ponsel Symbian S60v3 Support Huruf Arab dengan Cristal Farsi | NanangTea.Com mengatakan... On 11 Oktober 2011 pukul 07.25  

[...] kemarin saya share Farsi SMS, yaitu sebuah aplikasi Symbian S60v3 untuk menulis font Arab. Kali ini ada yang lebih praktis lagi [...]

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik