Selasa, 12 Oktober 2010

Melihat Belahan Dunia Lewat Genggaman

Saat ini internet bukan hal yang asing lagi bagi kebanyakan orang karena internet kini tak hanya bisa di akses dengan perangkat komputer seperti PC dan Laptop. Tapi hanya dengan menggunakan Ponsel atau Handphone sudah bisa menjelajahi dunia Cyber. Apalagi kini hampir semua orang memiliki alat komunikasi yang namanya Ponsel dan biaya GPRS pun hampir setiap operator seluler menawarkan tarif GPRS murah. Dulu saya tidak mengira akan mendapat banyak pengalaman dari berinternet via ponsel Banyak juga yang bisa dilakukan walaupun hanya mengandalkan ponsel, seperti blogging, chatting, berkirim-kiriman e-mail dan membuat akun email langsung dari ponsel, dan yang lainnya. Hanya lewat genggaman juga kita bisa mencari informasi dan melihat belahan dunia lainnya dan sayapun bisa sedikit lebih tau dengan hal-hal lain.

Semenjak saya ikut mendaftar dan mempunyai sebuah akun di social network alhamdulillah ternyata mendapat banyak kenalan dari berbagai tempat dan pelosok walaupun dengan mereka tidak atau belum bisa bertatap muka langsung. Tidak banyak memang jejaring sosial yang saya ikuti paling cuma satu dua saja. Salah satunya adalah di Facebook. Memang situs jejaring sosial yang satu ini kebanyakan orang mengenalnya. Dulu pernah ada yang mengharamkannya tetapi setelah saya gabung di sanah ternyata banyak para da'i (penyampai ilmu agama) mempergunaka Facebook sebagai sarana untuk dakwah bahkan para ahlusunnah-pun banyak yang menggunakannya. Saya jadi tidak ragu lagi untuk gabung disana. FB kalau diilustrasikan ibarat sebuah pasar, segala macam ada di sana mulai dari yang halal hingga yang haram. Ibarat sebuah satelit, apabila ada stasiun televisi yang mengunakanya untuk menyajikan acara haram, bukan satelitnya yang haram tapi televisinya karena masih banyak orang yang menggunakan satelit untuk sesuatu yang bermanfaat dan kemaslahatan manusia, misalnya untuk berkomunikasi atau lainnya. Itu cuma persepsi saya kalau sekiranya salah buat yang mumpuni ilmunya mohon dikoreksi.

Dengan ber-Facebook via HP. Alhamdulilah saya bisa bersilaturahim dan menambah pengetahuan tentang agama. Dan bahkan tidak disangka saya bisa ketemu teman lama yang sudah lama berpisah bahkan bisa bertemu teman-teman satu kampung halaman yang sudah belasan tahun tidak ketemu dikarenakan sama-sama merantau dan mempunyai istri atau suami dari luar daerah, sama seperti saya. Teknologi memang semakin menyuguhkan kemudahan-kemudahan. Yang jauh serasa dekat, yang lama berpisah bisa kembali bertemu, yang lama bisa menjadi cepat. Cuma kita harus memilah dan mengambil yang bermanfaat dari kemudahan teknologi itu.
Semoga artikel Melihat Belahan Dunia Lewat Genggaman bermanfaat bagi Anda.

benehal mengatakan... On 1 Desember 2009 pukul 23.09  

setuju mas, yg terpenting silaturahim...

Nanang mengatakan... On 2 Desember 2009 pukul 00.46  

@benehal, Ia...terimakasih atas kunjungannya:-)

Bertemu Teman Lama | Blognya Nanang mengatakan... On 18 Mei 2010 pukul 04.32  

[...] sudah belasan tahun tidak bertemu lalu kami dipertemukan di situs jejaring sosial. Walaupun hanya berselancar lewat genggaman tapi manfaat positifnya bisa saya rasakan. Bertambah ilmu dan teman merupakan rejeki yang tak [...]

BENY KADIR mengatakan... On 30 Mei 2010 pukul 10.16  

Benar,dgn hp jadul seperti yg saya genggam ini,bisa ya.
mulanya saya tdk percaya.

wawansri mengatakan... On 29 Juni 2010 pukul 19.56  

HaPe mas Nanang canggih nih...nggak jadul kayak punyaku plus sering mati sendiri lagi waktu u ngenet...

SMP | Blognya Nanang mengatakan... On 29 Agustus 2010 pukul 03.32  

[...] internet bisa dengan mudah diakses hanya dari HaPe. Hanya berbekal ponsel standar-pun kita bisa berselancar lewat genggaman. Tapi ada keprihatinan dibalik semua itu. Disamping membuat bangsa Indonesia semakin cerdas, [...]

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik