Rabu, 13 Januari 2010

Kode-Kode Dasar HTML

Melengkapi tulisan "Mengatur Tampilan dan Warna Text dengan Ponsel" pada posting yang telah lalu. Maka kini saya mencoba memposting kode-kode dasar HTML yang saya dapatkan dan saya pelajari dari para guru blogger. Kode-kode dasar ini perlu kita ketahui apalagi untuk para blogger mobile karena ponsel tidak dapat menambah kode-kode HTML secara otomatis seperti komputer. Beberapa kode tidak dapat tampil pada browser Opera Mini. Misalnya untuk kode tulisan miring/italic, ini hanya akan tampil bila kita browsing via ponsel dengan menggunakan BOLT browser.

Linebreak (paragraf)
Kode :
</br>

Strong Text
Huruf tebal & besar
Kode :
<strong>Text anda</
strong>


Big Text
Huruf besar
Kode :
<big>Text anda</big>

Small text
huruf kecil
Kode :
<small>Text anda</
small>


Italic text
Huruf miring
Kode :
<i>Text anda</i> atau <em>Text anda</em>

Underline text
garis bawah
Kode :
<u>Text anda</u>

Bold text
Huruf tebal
Kode :
<bold>Text anda</bold>

Text link
Huruf link koneksi
Kode :
<a href="http://. . . URL
anda">Text anda</a>



Posisi tengah


Kode :
<p align="center" >Text
anda</p>



Posisi kiri


Kode :
<p align="left">Text
anda</p>



Posisi kanan


Kode :
<p align="right">Text
anda</p>


Line Tag (Garis-Biasa)


Kode :
<hr>

1/2 Garis Warna


Kode :
<hr
color="red"size="2"
width="50%">


Garis penuh


Kode :
<hr
color="magenta"size="3"
width="100%">


ukuran size=2
ukuran size=5
ukuran size=7
"size"=ukuran
pixel.
Semoga artikel Kode-Kode Dasar HTML bermanfaat bagi Anda.

Mr.o2n mengatakan... On 13 Januari 2010 pukul 06.40  

Makasih ni atas sharenya,kebetulang aku belum byk hafal html ni,
Kalo kg salah ada aplikasi yg di lengkapi kode html buat blogger namanya Mopress saya pernah memakainya dan jumlah karakternya tdk terbatas.
Aku kaga ngerti pertanyaan di blog saya maklum msh o2n ni :)

udienroy mengatakan... On 13 Januari 2010 pukul 12.06  

Terimakasih atas ilmunya mas. Infonya bermanfaat bagi blogger pemula.

Nanang mengatakan... On 13 Januari 2010 pukul 13.20  

@Mr.o2n, Saya dulu pernah punya Mopress tp enggak dipakai karena blm faham cara pakainya.

Nanang mengatakan... On 13 Januari 2010 pukul 13.22  

@udienroy, Saya lebih pemula dari sampeyan mas Din :-)

BENY KADIR mengatakan... On 13 Januari 2010 pukul 18.50  

Terima kasih,Mas.
Selama ini,saya justru kesulitan menerapkannya. Jadinya,tampil seadanya.
Salam hangat selalu.

Nanang mengatakan... On 13 Januari 2010 pukul 19.05  

@BENY KADIR, Yang penting isi blognya, pak guru :-)

Mr.o2n mengatakan... On 14 Januari 2010 pukul 15.31  

Kalo avatar yg koment mau di kecilin tinggal di edit aja cuku ganti ukuran gmbarnya.

Desri Susilawani mengatakan... On 14 Januari 2010 pukul 22.15  

teteh mah belom pernah ngeblog pake hp...hp nya ga mendukung..jadi pasrah dengan kompi jadul ini...

udienroy mengatakan... On 15 Januari 2010 pukul 03.13  

Berkunjung lagi di malam hari mas. Seperti biasa silaturahmi sambari blogwolking siapa tahu kunjungan susulan ini dapat bikin hati sumpringah hehe salam adem ayem mas. SELAMAT MALAM JUM'AT

Nanang mengatakan... On 15 Januari 2010 pukul 05.53  

Ok..tapi sepertinya ukuran gambarnya udh cukup

Nanang mengatakan... On 15 Januari 2010 pukul 05.56  

Biar jadul tapi kompi, teh:-)

dedekusn mengatakan... On 15 Januari 2010 pukul 15.51  

Sy juga kadang masih liat rumus untuk nulis kode HTML, terima kasih Kang Nanang. Infonya disini emang bermanfaat.
Saluts dgn postingan via HP-nya.

Mamah Aline mengatakan... On 15 Januari 2010 pukul 18.04  

dapat tambahan ilmu lagi deh kali ini, tapi pake opera mini... gak bisa ya...

Nanang mengatakan... On 15 Januari 2010 pukul 18.54  

Kalau posting dari opera mini bisa, yang enggak bisa adalah membaca hasil postingannya, seperti huruf italic di opmin akan tetap terbaca huruf biasa tidak kelihatan miring.

Zulkandar mengatakan... On 20 Januari 2010 pukul 07.39  

Infonya sangat bermanfaat, apalagi buat yg pemula kayak saya. Thankz n salam kenal ya bang..!

Nanang mengatakan... On 20 Januari 2010 pukul 20.17  

Terimakasih. Saya juga pemula, salam kenal kembali mas.

unjun mengatakan... On 18 Februari 2010 pukul 05.20  

Maaf" saya mau nanya mas. Kalau bikin link ditengah postingan untuk di BLOGGER gimana caranya, dan kode apa yang ditambahkan. Saya masih belum ngerti, baru kenal internet dan baru belajar bikin blog. Tolong kasih tau caranya. Atau kalau bisa lewat email saya. Oya" kalau mas mau mampir ke blog saya silahkan. Tapi harap maklum soalnya saya masih dan baru belajar. Thx.

wibowo mengatakan... On 24 Agustus 2010 pukul 14.37  

artikel dan cukup mudah di cerna. hanya saja yang menjadi ganjalan, saumpama kita banyak menyisipkan kode html misalnya membuat kotak, apakah itu berpengaruh juga dalam loading blog kita?

kalau boleh, minta tolong dong di posting juga, cara menyisipkan kode htmlnya di dalam postingan. soalnya melihat kode html pas di blog "edit html" banyak banget kodenya. pernah nyoba eh malah berantakan blog saya ^_^

terima kasih sebelumnya. happy blogging dan sukses selalu.

N@n@ng mengatakan... On 27 Agustus 2010 pukul 02.29  

Setau saya tidak terlalu berpengaruh pada loading kecuiali java script , itu akan meperberat loading. Setiap kita posting tentu memerlukan kode HTML misalnya membuat huruf menjadi berwarna, membuat tex link dan merubah stile huruf itu diperlukan kode HTML cuma kalau kita posting dari PC maka kita tidak perlu tau atau menghafal kode2 HTML karena komputer akan otomatis menambahkan kode2 dasar tersebut. tetapi ada kalanya kita perlu menambah koda secara manual seperti membuat kotak, tabel dsb. dulu selama kurng lebih dua tahun saya ngeblog hanya mengandalkan hape makanya saya membuat postingan ini. maksud mas cara memposting kode HTML? InsyaAllah saya akan posting

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah menyempatkan berkomentar di blog ini

MoBlog Lover - All Right Reserved.Powered By Blogger
Theme Designed Kumpulan artikel Menarik